Snorkeling dan Kambing Gili Ketapang Probolinggo

Oleh Imaniar Hanifa - April 19, 2018



Snorkeling dan kambing. Apa hubungannya? Bukankah kambing tidak suka snorkeling dan sepertinya nemo tidak makan rumput?

Gili Ketapang punya jawabannya. Pulau kecil di utara Probolinggo ini dulunya dikenal sebagai Pulau Kambing. Populasi kambing di pulau ini terlihat lebih banyak dibandingkan jumlah manusianya. Padahal jumlah manusia baik penduduk lokal maupun wisatawan bertambah tiap tahunnya.

Nah, lalu apa yang membuat wisatawan Gili Ketapang semakin meningkat? Apakah kambing?

Ternyata bukan! Gili Ketapang memiliki spot snorkeling yang cukup cantik. Menariknya lagi, akses ke sana kurang dari satu jam dengan biaya tak sampai seratus ribu rupiah!

Perjalanan menuju Gili Ketapang


Pertama, kita harus ke Probolinggo dulu. Eaaaa! Tepatnya ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Lokasinya tidak jauh dari Bee Jay Bakau Resort. Petunjuk jalan cukup mudah dan ada tempat parkir jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Untuk mengunjungi Gili Ketapang, kita bisa menumpang perahu angkot dari Pelabuhan Tanjung Tembaga ini. Perjalanan dengan perahu motor ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Biayanya hanya Rp 10.000 per orang. Murah, kan?

Perahu paling pagi berangkat pukul 06.00, dan perahu kembali terakhir pukul 17.00. Sesuaikan saja dengan pihak perahu agar tidak ketinggalan dan bisa menikmati liburan dengan maksimal. Saya sih biasanya berangkat pukul 06.30 dan kembali pukul 15.00. Selain tidak silau di perjalanan, saat kembali ke Kota Probolinggo belum maghrib.



Explore Island

Perjalanan pertama adalah mengunjungi sisi timur pulau. Kita akan diarahkan menuju wisata religi berupa petilasan. Ada sebuah masjid dan tempat pertapaan yang merupakan peninggalan Syekh Maulana Ishaq, atau lebih dikenal sebagai Sunan Giri. Beliau adalah penyebar agama Islam dari Banyuwangi.

Goa Kucing

Kemudian ada Goa Kucing yang terkenal dengan cerita mistisnya. Memang sebelum terkenal dengan wisata snorkelingnya, Gili Ketapang lebih dikenal sebagai wisata religi dengan Goa Kucing. Konon Syekh Maulana membawa beberapa kucing ke pulau ini dalam kunjungannya menyebarkan agama Islam. Lama kelamaan banyak kucing yang berdiam juga di area ini.


Menurut cerita penduduk setempat, kadang ada penampakan kucing besar di area ini pada waktu tertentu. Wah, serem juga ya!

Goa Sumur Tujuh

Tak jauh dari lokasi sebelumnya, ada Goa Sumur Pitu atau Sumur Tujuh. Seperti namanya, goa ini memiliki tujuh mata air yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat. Saya tidak sempat melihat-lihat ke dalam karena jujur saja bukan pecinta caving. Atau mungkin sedikit takut dengan ruangan sempit kali ya?

Pantai Timur


Nah, kalau kamu suka hunting foto, lokasi inilah yang paling menarik untuk dikunjungi. Pohon-pohon yang unik dengan view pasir bersih membuat lokasi pantai ini unik dan instagrammable! Lokasi ini juga biasanya direkomendasikan untuk camping karena merupakan area terbuka. Tanyakan ke pengemudi kapal atau warga lokal sebelum mendirikan tenda, ya.

Snorkeling di Istana Nemo

Lepas mengunjungi tempat-tempat wisata di atas pulau, saatnya kita mengekplorasi bawah laut Gili Ketapang!


Kita akan dibawa oleh perahu menuju spot snorkeling di sisi barat Gili Ketapang. Benar, ada banyak ikan badut alias nemo! Tidak hanya itu, ada ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang lucu.

Jangan khawatir bila kesulitan berenang. Ada setidaknya dua orang pendamping yang akan menemani kita melihat eksotisnya terumbu karang di Gili Ketapang. Satu orang akan membantu mendokumentasikan foto bawah air ketika kita menyelam juga. Dan itu tak perlu biaya lagi jika kamu menggunakan jasa paket wisata Gili Ketapang. Asyik, ya!

Panorama bawah laut Gili Ketapang memang buatan, alias dibangun oleh manusia. Mungkin tidak sealami dan sebesar spot snorkeling terkenal lain di Indonesia.
Meski demikian patut diapresiasi karena keberadaan terumbu karang kini mendapat perhatian khusus baik oleh pemerintah dan warga lokal.

Benar memang, maraknya kegiatan wisata justru seharusnya memotivasi setiap orang untuk menjaga keindahan dan kelestarian alam.

Kambing, Kambingnya Mana?

Kambing nggak kemana-mana kok! Di seluruh penjuru Gili Ketapang, kita bisa berjumpa dengan si hewan keras kepala ini. Mereka doyan makan apa saja, dari yang memang makanan hingga kertas. Hati-hati juga ya kalau bertemu, siapa tahu mereka nyelonong mengambil makanan atau mengacak-acak sampah di sekitar area istirahatmu.



Oya, kambing di sini biasanya ada pemiliknya meski dibiarkan berkeliaran. Jadi jangan nakal dan mengganggu si kambing, yaa.

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat


Semua penduduk di Gili Ketapang menggunakan bahasa Madura. Memang banyak yang bisa berbahasa Indonesia, namun mengetahui beberapa istilah bahasa Madura akan membantu kita dalam berkomunikasi dengan warga. Paling bagus sih kalau punya teman yang bisa berbahasa Madura, hihi.

Bukan cuma di Gili Ketapang, bila kita mengunjungi daerah mana pun dan bisa berbahasa lokal pasti orang-orang akan lebih ramah kanπŸ‘Œ



Supaya lebih mudah dalam memesan perahu serta peralatan snorkeling, disarankan memesan terlebih dahulu melalui penyedia paket wisata Gili Ketapang. Rata-rata penyedia jasa wisata ini memiliki standar harga dan fasilitas yang sama. Jadi tidak susah untuk memilih.

Catatan Biaya

Paket wisata (include perahu, makan, snorkeling, dokumentasi): Rp 80.000 - Rp 85.000/pax
Perahu saja (jika hanya ingin keliling pulau): Rp 10.000/orang
Camping: Rp 15.000/tenda
Harga makanan: Rp 7.000 - Rp 15.000. Minuman masih ada yang harganya Rp 3.000 saja.

Bagaimana, sudah tertarik untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut dan atas pulau Gili Ketapang?

  • Share:

Sudah Baca Ini Belum?

97 komentar

  1. Waaaah mupeng bgt nih pengin ke gili ketapang, duh kapan ya bisa ketemu kambing2 di pinggir pantai. Hhh

    BalasHapus
  2. Keren bgt kak, harganya relatif murah ya dengan paket spt itu. Semoga gili ketapang semakin maju pariwisatanya, dan masyarakatnya makin sadar utk melestarikan keindahan alamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, semoga peningkatan pariwisata juga memberi manfaat bagi alam dan penduduknya :D

      Hapus
  3. Namanya unik ya gegara populasi kambing disana lebih banyak daripada manusianya 😁

    Itu menarik banget beaya naik kapalnya.
    Kayak ke pulau Tidung dari Muara Angke.
    Terjangkau.

    Pulau kucingnya .. woaaa, untung kak Imaniar lihat penampakan kucing raksasa disana 😁

    Foto terakhir .. woow,ternyata kak Imaniar jago Yoga πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak liat kucing raksasanya sih hehehe :D
      Betul sekali, jaraknya sama seperti Muara Angke - Pulau Tidung, cukup dekat dan biayanya murah.

      Hapus
    2. Aku tergoda pengin lihat ikan nemo nya nih ..
      Lucu.

      Waktu aku snorkling di pantai Nglambor ngga nemuin penampakan ikan nemo.
      Dominannya ikan garis2 silver dan kuning ... entah ikan apa itu namanya.

      Hapus
  4. Duh aku jadi mupeng pengen snorkeling. Jadi bisa ya walau ga bisa renang? Mupeeeeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa kok, ada pendampingnya. Tapi kalau khawatir jangan dipaksakan :D

      Hapus
  5. murah itu mbak cuman 85 udah termasuk snorklingnya..jd mupeng pingin kesana nih

    BalasHapus
  6. Jadi focus ke kambingnya. Kalau kesana mungkin lebih enaknya bawa golok, terus kita potong itu kambing. Dibakar dan digulai ramai-ramai pastinya meriah sekali.
    Jadi ingin snorkeling nih, pemandangan bawah lautnya indah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kambing punya orang, deh sepertinya :D

      Hapus
  7. wah indahnya ya, selalu ingin ke pantai

    BalasHapus
  8. Saya kok jadi salfok sama foto terakhir ya, keren. hehehhe.
    Setuju, wisata ke Gili cukup murah. Saya sudah dua kali snorkeling di Gili Ketapang tapi belum bisa ketemu nemo, mungkin nemonya malu kalau ketemu saya. Hahaha.
    Salam kenal dari Probolinggo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus agak bersabar kali ya Kak Qudsi. Soalnya saya pas pertama ke Gili Ketapang belum ketemu Nemo. Setelah itu berkunjung lagi dan ketemu, sih.

      Salam kenal, mbak!

      Hapus
  9. Sedikit OOT. Saya pernah jalan sampai ke Madura untuk urusan pekerjaan. Susah benar berkomunikasi menanyakan arah jalan karena penduduk yang tak bisa berbahasa Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, masih sering bertemu orang-orang Madura yang belum lancar berbahasa Indonesia. Meski demikian mereka sekarang lebih terbuka dengan pengunjung dari luar pulau mereka

      Hapus
  10. Enak banget yach disana Mbak , banyak kambing, ditempt saya kambing2 susah ditemukan, maklum banyak orang sudah males piaranya,termasuk saya hehehe....

    ohy....itu adegan angkat2 kaki, adegan apa yach mbak ? sedang tari2 India yach... atau sedang dapat hukuman ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, betul. Di lingkungan saya sedikit yang memiliki kambing karena takut mengganggu tetangga. Mungkin daerah yang memiliki lahan luas masih mau memelihara.

      Enaknya ngapain ya itu? Hahahaha

      Hapus
  11. waaah beneran ada nemonya... pingin kesini dah :D

    BalasHapus
  12. Beberapa tempat sebenarnya juah lebih asyik jika hanya terumbu karang tanpa ada tulisan seperti semen itu hehehehe.

    Semoga tetap lestari :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya ikut penanaman kembali terumbu karang, medianya ternyata memang mirip yang di tempat ini.
      Memang terlihat tidak alami kalau dihias-hias, namun dulu peletakannya memang ditujukan untuk membantu media tanam terumbu karang muda

      Hapus
  13. Eh murah amat ternyata :(( nice info mbak, soal e kirain lama hehe. Makasiiiih

    BalasHapus
  14. Mau donk kak eksplorasi di gili ketapang, Lumayan juga per pax nya ga mahal mahal amat ya kak.. Enaknya ketemu kambingnya lucu2 putih semua yaaa.. xixixix,, keren juga bisa snorkeling. Mantappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kambingnya lucu sih tapi kadang nakal hihihi

      Hapus
  15. Wah, kemaren pas ke Probolinggo nggak mampir ke sini.. Wektunya habis eh...

    Baru tau kalo Gili Ketapang sekeren ini hlo...
    Tapi serem juga kalo snorkeling ya.. Terutama yg nggak bisa renang.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pendampingnya sih, cuma kalau nggak yakin mending jangan daripada panik di air hehehe..

      Hapus
    2. Haha.. Iya..
      Kemungkinan kalo g bisa renang bakalan panik dah di air..

      Hapus
  16. Kambingnya kok serem bisa makan kertaas :|
    Infonya lengkap banget kak, asik nih salah satu wisata yang cukup low budget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya kambing suka makan apa aja sih, hehehe.

      Betul, low budget dan sesuai harga :)

      Hapus
  17. Wah murah banget ya cuma abis segitu..
    Saya sempet bingung Gili Ketapang itu apanya Gili trawangan ya, dan ternyata beda :D

    Sudah terbukti saya kurang piknik hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah-daerah berbahasa Madura, pulau itu disebut Gili.. Jadi baik Gili Trawangan, Gili Ketapang, Gili Labak artinya sama-sama pulau meski lokasinya saling berjauhan :D

      Hapus
  18. Gagal fokus, jadi penasaran sama kucing besarnya... lucu kali yaa

    BalasHapus
  19. waaah masih terjangkau. gak tahu nanti setelah ada resort di sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya agak susah untuk mendirikan resort di sini, apalagi penduduk lokal sepertinya ingin memberdayakan daerah ini sendiri. Tapi kita lihat saja ke depannya :D

      Hapus
  20. Gili katapang indahnya kebangatan. Biaya-biayanya juga murah, cuma menuju kesananya yang mahal, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Malang atau Surabaya sih, naik bus ke Probolinggo cuma 30.000. Sisanya tinggal nambah biaya di atas :D

      Hapus
  21. Harga paket wisatanya termasuk murah sih ini. bisa jadi destinasi wisata ku nih

    BalasHapus
  22. saya suka makan kambing..

    tengok kambing pun seronok...

    rupa yang agak lucu

    BalasHapus
  23. Wah aku cuma sampai di Mayangan aja belum kemana-mana lagi. Rupanya Probolinggo ada beginian. Sungguh amazing!. Btw, kapan kita punya kesempatan jalan bareng yaa? haha. Semoga, soon!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal Mayangan ke Pelabuhan cuma 5-10 menit :D
      Iya, jalan bareng lagi yuukk :D

      Hapus
  24. Wah ternyata di probolinggo pantainya bagus banget buat snokeling yaa, jadi pingin ke sana deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh dari Probolinggo daratan sih, jadi pantainya lebih cantik :)

      Hapus
  25. Kak ada ketentuan minimal gak untuk paket.nya? Misal minim harus 3 orang gt ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak ada sih. Saya pernah ke Gili Ketapang hanya berdua dan tetap dilayani dengan baik. Tapi membawa rombongan sendiri pasti lebih mudah untuk diatur, sebab perahu biasanya berangkat setelah jumlah kapasitas terpenuhi.

      Hapus
  26. Ya ampun. Langsung tertarik untuk kesana setelah baca ini... low cost tapi asyik,pas banget buat orang kayak gue ini wkwk. hai salam kenal. ini perdana gue ngunjungin blog kamu dan bakal gue masukin list blogwalking gue :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Des, terima kasih sudah berkunjung. Salam kenal yaa :D

      Hapus
  27. kok ngeselin ya. Goa kucing eh yg diliatin kucing..

    rainhanifa.. berantem ayuk....

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang Goa Kucing banyak kucingnya :))

      Hapus
  28. Ini pulau kok isinya malah banyakan kambing sama kucingnya, daripada sama manusia?

    Patut di acungi jempol lah. Meskipun bukan spot alami, tapi niatan penduduk sana buat mempercantik alam bawah laut di gili ketapang itu sangat KEREN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Semangat untuk membangun daerah melalui pariwisata patut diapresiasi :D

      Hapus
  29. Terumbu karangnya bawah lautnya masih bagus ya mbak, semoga terus bagus dan banyak populasi ikannya.

    BalasHapus
  30. kumpul dana , buat ontheway kesana ah

    BalasHapus
  31. Tahun lalu saya nemu juga tuh artikel yang membahas tentang wisata snorkeling di Probolinggo, kayaknya ini deh. Aduh lupa >.<

    Tapi udah masuk wishlist!

    Tapi masih belum rela hati jalan-jalan, fokus skripsi dulu (meski sering nyeleweng juga hehehe).

    Aku mau kesini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadii :D
      Hayooo skripsi dulu atuh kaaak.. Abis sidang baru piknik lagi hahaha

      Hapus
  32. Wah, Probolinggo punya tempat kaya gini. Dulu saya cuma diajak muter2 di Kraksaan aja saat berkunjung ke Probolinggo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum tahu di Kraksaan ada apa. Share dong kaak :D

      Hapus
  33. Balasan
    1. Wah, banyak yang kepo ternyata. Tau gitu saya ambil foto di sana..

      Hapus
  34. Wah baru tau. Ada tempat seaneh ini, .menurut saya :D
    Ada kambing-kambing berkeliaran gitu dipantai :D lucuuu *eh lucu apa aneh ya hihi
    Untuk biaya juga relatif murah ya. Nggak terlalu mahal :)

    BalasHapus
  35. murah banget tuh mbak, 85 ribu bisa snorkeling plus ditemani nyelam buat dokumentasi. keren banget deh

    BalasHapus
  36. Semakin menarik juga yah menjadi travel blogger. Sukses selalu dan semakin eksplor wisata Indonesia

    BalasHapus
  37. Wahhhh seru banget ya, pengen banget ke gili ketapang jugaa

    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  38. kangen banget snorkeling, terakhir di Belitung. Tapi waktu itu belum ngerti kamera di bawah air jadi nggak ada foto kece kayak di atas deh. Ternyata di Probolinggo pun ada pantai kece, yah. Nggak perlu jauh-jauh ke Gili trawangan, ke Gili Ketapang juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget yaa snorkeling di tempat cantik tapi nggak ada dokumentasinya huhu..

      Hapus
  39. LAH LAH kaget dong baca harga paket buat snorkeling semurah itu:"")
    Ada spot 'finding nemo' nya pula. Bedanya apa yah dgn pantai dan laut bagian Timur kayak NTT, PAPUA hmm

    Anw, salam kenal mb! Baru pertama berkunjung ke sini hihi
    Suka bio-nya: Sebab hidup terlalu membosankan untuk menjadi begitu-begitu saja, ya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, mba! Terima kasih kunjungannya yaa.

      Menurutku sih laut Indonesia Timur masih lebih alami. Kalau udah dijadiin tempat wisata mainstream, ancaman sampah dan kerusakan alam akibat manusia-nya jadi lebih tinggi

      Hapus
  40. Mau dong mb di follow back hehe
    http://www.onixoctarina.com
    Nuhun

    BalasHapus
  41. wew, ada goa kucing. ehmmm ... aku suka miara kucing di rumah, lucu dan nggemesin deh. itu kucingnya boleh dipegang, mbak?

    BalasHapus
  42. Kambingnya dilepas gitu aja mba? Atau dikandangin? Ngeri juga ya klo dilepas bebas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilepas, tapi kayaknya malem balik ke kandang sih.

      Hapus
  43. Langsung penasaran sama Goa Kucingnya :') Ya kok bisaaa kucing2 lucu menyebarkan agama :')

    Cerita kopi dan buku lainnya di sophiamega.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak ngefotoin dalemnya Goa Kucing sih πŸ˜…

      Hapus
  44. Pohon2 di pantainya kayak di wallpaper2 gitu mbak bagus nih kayaknya buat prewed wahahaha jadi ngayal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusss itu buat prewed! Setahuku pepohonan itu memang spot foto favorit.

      Hapus
  45. Kayanya pernah liat liputannya di tv soal kambing ini, hihihi...

    BalasHapus
  46. baru denger euy Gili Ketapang. cantik ya tempatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jadi destinasi wisata berikutnya, kak :D

      Hapus

Bagaimana pendapatmu? Sampaikan dengan baik, ya! Komentar kamu akan muncul setelah dimoderasi.