Mengulik Karang Eksotis di Tanjung Sirap, Malang


Mungkin nama Tanjung Sirap tidak seterkenal pantai-pantai wisata lain di Malang. Kebanyakan orang yang mengeksplor pantai ini memang hobi #explorepantai atau lagi rajin cari destinasi wisata. Bisa juga karena lagi cari lokasi wisata instagrammable. Beruntung banget jadi orang Malang, dengan destinasi wisata yang melimpah. Saking banyaknya, warga asli Malang saja sering banget belum pernah mengunjungi suatu destinasi tapi para pelancong maupun pendatang sudah tahu duluan.

Pantai Tanjung Sirap terletak di selatan Kabupaten Malang. Untuk mengakses dari Kota Malang, ambil rute ke Pantai Balekambang via Jalur Lintas Selatan kurang lebih 2-3 jam. Setelah itu, parkir saja kendaraan di Pantai Balekambang, kemudian berjalan ke arah barat menuju pos perizinan berikutnya. Nanti di sana kita harus membayar tiket dan menyewa guide. Maklum, Tanjung Sirap masih tergolong kawasan konservasi yang dibatasi jumlah pengunjungnya.


Dari pos tadi kita butuh berjalan sekitar 30-45 menit menyusuri rimbun tanaman khas pantai. Jalanannya pun lumayan bikin capek. Bisa juga menggunakan motor trail, tapi hanya sampai plang kawasan Pathukan Sirap. Sebab, setelahnya medan yang dilalui cukup sempit dan langsung menuju karang.


Tanjung Sirap ini lumayan menarik. Pathukan Sirap berupa karang, bukan tanah atau pasir pantai. Otomatis, jangan pakai sandal hits atau flatshoes yang menyiksa kaki ya. Pemandangan Pulau Lapak di tengah laut yang dihempas ombak bener-bener amazing! Batu-batu bulat di tengah pulau karang itu juga bikin penasaran, kok bisa numpuk gitu sih? Belum lagi burung laut berwarna putih yang bergerombol di atas pulau. Rasanya pengen nyamperin, tapi kok nyeberang laut ya 😂. Mungkin ada yang berminat jadi sponsor dokumentasi lewat drone atau jadi partner ngetrip? kodekerasnih

Pulau Lapak yang bikin penasaran!
Di sisi barat, ada Pulau Sirap dan Pantai Dali Putih yang menggoda. Sepertinya menyore untuk berburu sunset di sini bakalan keren banget. Hanya saja, akses menuju Pulau Sirap sepertinya hanya bisa dengan perahu. Itu pun kalau ada yang berani melawan ombak ganas. Itu pun kalau memang ada. Nggak usah, deh ya.

Pulau Sirap
Nah, kalau ingin ke sini, jangan lupa siapkan bekal yang cukup ya. Soalnya warung paling dekat adanya di Pantai Balekambang 😁 .  Siap-siap sunblock, payung, atau topi biar nggak kepanasan. Bawa juga air putih biar nggak haus selama jalan kaki menuju lokasi. Tapi ingat, bawa pulang sampahnya!

Oya, dalam perjalanan dari Balekambang menuju Tanjung Sirap, kita juga melewati beberapa pantai di antaranya Pantai Jembatan Panjang, Pantai Sumur Pitu, dan Pantai Rowo Gebang. Kalau mau ngecamp, bagusnya sih di Pantai Jembatan Panjang. Tulisan tentang pantai-pantai ini menyusul ya!

Gengster Petualang

Gimana, masih penasaran untuk explore pantai di Malang Raya?

Imaniar Hanifa

Pemburu keindahan pagi. Penikmat semesta. Pengagum Indonesia. Introvert yang suka terlibat aktivitas sosial.

58 komentar:

  1. banyak pantai yg bagus ya tapi banyak jg yg belum dikenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi semakin banyak yang harus dieksplor :)

      Hapus
  2. wihh karangnya kerenn gituu menjulang keatass, gak biasanya hhe

    BalasHapus
  3. Aaah cantiknya pantai.. kangen ke pantai deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke pantai, bentar lagi cuacanya bagus :)

      Hapus
  4. Bayangin orang jakarta, yang punya destinasi dikit aja (dan ga sebagus ini) kadang-kadang blm pernah juga. Kalo destinasi di malang udah cantik-cantik gini dan orang malang ada yang blm pernah kesana, sungguh nasib hidupnya hahaha

    mampir juga yuk :)
    diansaurs.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, aku aja di Jakarta diem mulu di rumah :))

      Hapus
  5. Saya malah suka pantai yang sepi kayak gini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih bisa menikmati suasananya :D

      Hapus
  6. Bagus banget. Dan masih sepi. Mudah-mudahan suatu saat bisa ke sana. :)

    BalasHapus
  7. Aku lagi domisili di Malang dan belum kesini xD gimana sih!
    Oke oke, ini harus masuk bucket list wkwkw.
    Eh ka dikasih harga" dong >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail harga tiket menyusul yaa kak Zahra. Soalnya dulu ke sini share cost, jadi rada lupa detailnya :'D

      Hapus
  8. fotonya yg atas itu santai banget hhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kapan lagi bisa sender manja panas-panasan :))

      Hapus
  9. emang banyak pesona laut yang indah dan menawan yang bisa kita jumpai di Pesisir selatan Malang ... Ayo Main ke Malang

    BalasHapus
  10. Sebenarnya saya tidak terlalu suka pantai, tapi melihat pantai ini kok jadi tertarik ya :))

    BalasHapus
  11. Saya domisili malang tapi gatau nih sama tempat ini. Btw, itu lucu banget ada ijo-ijo ditengah pulau, tapi kalo ngelihat ombaknya kayak ganas gitu ngeri juga. Apalagi saya yang ga bisa berenang ini huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya nggak perlu nyeberang ke sana :))
      Etapi tetep penasaran sih yaa

      Hapus
  12. wiii, sayang nggak bisa dijadikan tempat berenang, ombak gede gitu -_- , menggoda untuk ditaklukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya cukup berbahaya sih, selain ombaknya yang gede, sekitaran situ karangnya tajam

      Hapus
  13. Akses jalan kesananya agak susah yaa..kalau bawa mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua kendaraan bermotor parkirnya di Pantai Balekambang lalu jalan kaki, kak. Kalau mau bawa motor trail sendiri baru mungkin bisa dibawa sampai Tanjung Sirap. Cuma kebanyakan memang jalan kaki, bukan bawa kendaraan

      Hapus
  14. Foto pertama udah nyandak banget itu, manja pula..haha
    Jadi pengen segera ke Malang kalau gini mah..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sender manjaah dulu bangg XD
      Yuk segerakan, masih banyak destinasi lain di Malang lho

      Hapus
    2. Next time, semoga ada kesempatan ya..
      Asri banget keliatannya pantainya..

      Hapus
  15. Lautnya Bagus ih warnanya biru, pasirnya jauh ya cm karang2 aja.
    Ini masih asri banget pasti lautnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai pasirnya ada kok, kayak pantai biasa. Karangnya lumayan besar dan menjorok ke laut, makanya disebut Tanjung Sirap :)

      Asri banget, untuk ke sana butuh jalan kaki lewat tanaman-tanaman rimbun

      Hapus
  16. bikin vlog asik tuh, biar lebih tau isi segalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat kepikiran sih, cuma belum terlalu pinter video editing :D

      Hapus
  17. pulau sirap tiu apa gak ada kendaraan buat nyebrang yah? kok saya penasaran juga pengen tahu dalemnya kayak gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya belum ada, karena ombaknya lumayan besar secara pantai selatan Jawa. Tapi iya, bikin penasaran!

      Hapus
  18. saya kira malang cuma terkenal dengan hawa dingin dan apelnya saja mbak. ternyata ada pantai secantik ini.

    wah bisa jadi "PR" buat pengelola pantai ini ttg fasilitas kapal menuju pulau sirap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang lengkap banget kak, gunung, pantai, laut, wisata buatan, perkebunan, air terjun, banyak deh! :)

      Hapus
  19. ah malang selatan memang garis pantainya sungguh menawan. pantai ataupun karang-karang seperti ini memang banyak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, salah satu yang paling terkenal juga Watu Lepek :)

      Hapus
  20. Paduan batu karang yang berwarna cokelat dan air laut yang biru itu unik ya. Kebanyakan kalau nggak pasir putih, palingan karang keras warna abu-abu seperti pantai di bali. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantainya berpasir putih kok. Tanjungnya aja yang karang cokelat. Teteup unik! :D

      Hapus
  21. Wah pulaunya kecil banget ya. Tapi kalau mau ke sana mesti naik perahu juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sepertinya belum ada akses ke sana karena kondisi ombak dan karang di sekitarnya cukup berbahaya kak :)

      Hapus
  22. Karang n pantainya cakep banget mb...cuma sayang, aksesnya masih susah ya.. Tapi ada positifnya juga, terjaga kealamiannya.

    Ihik, aku pernah ke Malang..tapi kok ya cuma di Batu doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya karena pengunjungnya masih dibatasi jadi alami.

      Batu juga punya banyak lokasi wisata menarik :D

      Hapus
  23. Sampai sekarang saya masih penasaran dengan pantai di Malang Selatan. Sudah beberapa kali ke Malang, hanya belum menginjakkan di pantainya.

    BalasHapus
  24. Pemandangannya bisa menghilangkan sejenak hiruk pikuk meja kantor

    BalasHapus
  25. Anjis! Keren banget pantainya! Boleh nih dijadiin destinasi liburan keluarga atau bareng temen. *MulaiNabung

    BalasHapus
  26. Wah Mbak pintar juga milih tempat jalan-jalan. Tempatnya sepi, bikin makin terasa jalan-jalan. Eh itu bawa bantal ke karang tanjung sirap, pompa anginnya juga dibawa gak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau airbag ini nggak perlu pompa sih, cukup diayun-ayun aja. Cuma butuh usaha ekstra :D

      Hapus
  27. Padahal orang malang, tapi kesini aja masih belum-belum juga.... hadeh.... pingin... :3

    BalasHapus

Moderasi aktif | Komentar akan muncul setelah dimoderasi.