Gunung Pundak, Mojokerto (1585 mdpl) Bikin Baper!

"Mau kemana?"
"Pundak."
"Pundak siapa?"
"Pundak mantan."
 *terdengar suara recehan jatuh ke lantai*


Pundak yang saya maksud adalah Puncak Pundak, atau disebut juga Gunung Pundak. Letaknya di Kecamatan Claket, Mojokerto. Pundak sebenarnya adalah salah satu punggungan dari Gunung Welirang. Puncaknya berada di ketinggian 1585 mdpl, ditandai plakat kecil dan sebuah tiang bendera.

Kalau untuk pendaki senior sih paling ini dibilang "bukit doang, ah!"

Seperti biasa, saya orangnya suka dadakan kalau mau piknik. Pendakian ke Gunung Pundak sebenarnya direncanakan berdua saja dengan travelmate saya, Adi (@adiawp). Berikutnya, Mas Sina, teman Adi yang rewel mau diajakin kemana-mana mulu ikutan gabung. Tambah dua orang lainnya, Mbak Winda dan Mas Kholis yang entah bagaimana ceritanya bisa dipanggil Ucup. Aku nurut aja.

Rombongan baper: Mas Ucup, Adi, Mbak Winda, Mas Sina, saya


Pos pendakian berada di Bumi Perkemahan Pacet, Taman Hutan Raya R. Soerjo. Kalau bingung, tempatnya masih masuk satu area dengan Pemandian Air Panas Claket, alias pemandian Pacet, Mojokerto. Aksesnya gimana? Dari Surabaya atau Malang bisa lewat jalur Tretes. Dari Malang bisa juga lewat Batu. Atau Google Maps aja lah. Nggak susah, kok.


Dari kawasan pemandian air panas, terus naik keluar area menuju Bumi Perkemahan. Letaknya di kanan jalan. Kamu bisa langsung parkir, kemudian mengurus tiket masuk di pos perizinan.

Pendakian ke Gunung Pundak terhitung mudah. Dari pos perizinan sampai puncak membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Jalur pendakian juga cukup jelas. Paling-paling kamu harus sedikit perhatian di Pos 1 dan setelah persimpangan di Pos 3 (sebelum hutan bambu) karena kalau ga fokus bisa salah jalur. Kebanyakan pendaki salah jalur karena mengikuti aliran sungai di area ini. Tapi secara keseluruhan, jalur pendakian cukup aman.

Kami mulai pendakian sekitar pukul 8 malam. Sempat hampir tersesat karena mengikuti aliran air, namun berikutnya lancar jaya lah. Puncak Pundak cukup luas, bisa ditempati beberapa tenda. Kita akan disuguhi pemandangan rumput yang kok syahdu ya, dan gurat-gurat Gunung Welirang yang bagus banget. Ada juga tempat mendirikan tenda yang lebih nyaman di sisi utara, dilengkapi pepohonan teduh. Bikin pengen pasang hammock terus tidur siang lama-lama deh.

Kalau kamu pecinta fotografi, Gunung Pundak punya beberapa spot menarik, nih!

Sunrise syahdu Gunung Pundak


View Gunung Penanggungan, Mojokerto dari Gunung Pundak
A post shared by Imaniar 夏楢 (@rainhanifa) on


Bikin baper, nggak?
Kalo enggak, kasih aja jokes receh pundak mantan kayak di atas.

Kamu juga bisa mengintip salah satu dinding Gunung Kelud dari sini. Sisi barat juga memadai untuk hunting foto suasana matahari terbenam.Tempatnya yang cukup terbuka juga bisa menampung cukup banyak orang. Intinya, tempat ini asyik banget buat camping ceria komunitas atau sekedar menghabiskan malam minggu. Kayaknya sih bagus juga buat hunting foto milky way pas malam hari, cuma belum pernah coba sih. Pas kesana kebetulan langit berawan dan anginnya nggak asyik buat berlama-lama di luar tenda.

Sumber air di Gunung Pundak terdapat di sepanjang aliran sungai kecil. Paling dekat dari puncak sih di dekat Pos 3. Kamu juga bisa mengambil air di masing-masing pos. Selain itu, biaya untuk ke Gunung Pundak masih cukup terjangkau kok.

  • Tiket Masuk Kawasan Pemandian Air Panas: Rp 5.000/orang
  • Tiket Masuk Bumi Perkemahan/Perizinan: Rp 13.000/orang (sudah termasuk asuransi)
  • Parkir Motor: Rp 7.000/motor

Nah, pas lagi sibuk belajar jepret sana-sini, saya sempat melihat empat cewek di tenda dekat kami. Keren nih, mendaki bareng, cewek semua. Jujur saya nggak pernah begitu, jadi ya menurutku mereka keren. Berkat media sosial, saya jadi tahu kalau salah satu pendaki tersebut merupakan Mbak Nadhifa (@nadhifaisland). Salam kenal, mbak!
 
A post shared by Nadhifah Hidayati Island (@nadhifaisland) on

Tertarik untuk mengunjungi Gunung Pundak? Monggo banget! Mumpung cuacanya mulai kondusif, meskipun masih hujan kadang-kadang. Lumayan dong buat persiapan ke gunung-gunung tinggi lainnya, hehe. Meskipun terbilang gunung kecil, tetap persiapkan dengan baik, ya. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian dan tidak meninggalkan sampah di gunung.

Salam lestari!

Imaniar Hanifa

Pemburu keindahan pagi. Penikmat semesta. Pengagum Indonesia. Introvert yang suka terlibat aktivitas sosial.

15 komentar:

  1. kalau ke mojokerto boleh dong diajakin ke gunung ini, aku punya saudara disana soalnya, tapi baru sekali ke mojokerto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas :)
      Kalau ada saudara di Mojokerto pasti lah tau tempatnya pemandian Pacet

      Hapus
  2. gunungnya pendek tapi pemandanganya juara !
    Pengenlah kesini.

    BalasHapus
  3. Punya temen asli sana, bisa kali ya kalau lagi maen kesana, mendaki ke gunung ini :)
    Pemadangannya keren, bikin kangen ketinggian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Ajakin ke situ coba. Bisa lah sehari doang buat ke Gunung Pundak :)

      Hapus
  4. wah saya cuma sekali tok naik gunung, itupun bukan gunung sih tapi bukit. hehehe. Seru-seru pemandangannya bagus ya di Pundak ini. Baru tahu di Mojokerto ada. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah biar pernah, cobain kesini kak :D

      Hapus
  5. ceritanya kenapa dipanggil ucup, karena temanku yg kemana mana kami selalu berdua dipanggil bajuri. mudah mudahan paham.
    ohya, namanya niken caturwulan bukan winda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, oke mas :))
      Btw yang winda itu pengalihan isu. Nanti aku ganti yes

      Hapus
  6. Halo :

    Habis lihat-lihat posting jalan-jalan disini jadi kangen sama Indonesia. Mudah-mudahan pas pulang liburan bisa punya waktu yang cukup untuk jelajah Indonesia lagi. Semangat ngeblognya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga kak Rahmania! Cepet balik ke Indonesia, makin banyak yang destinasi wisata nih :D

      Hapus
  7. Aku belum pernah ke sanaaaa! jadi penasaran. soalnya kalo 'bukit doang' sih aku optimis, kalo gunung beneran aku masih keder hhhahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak terlalu susah kok jalurnya si Gunung Pundak. Tapi tetep harus persiapan baik :)

      Hapus
    2. Wah seru nih
      Bisa dibuat pindah tmpt molor dan mimik kopi hhahha

      Hapus

Moderasi aktif | Komentar akan muncul setelah dimoderasi.